Personel Polsek Kretek Melaksanakan Pengamanan Upacara Adat Labuhan Bhekti Pertiwi Pisungsung Jaladri

 

Personel Polsek Kretek dipimpin Kapolsek Kretek AKP Haryanto, SH.,M.A.P melaksanakan giat pengamanan upacara adat labuhan Bhekti Pertiwi Pisungsung Jaladri yang diselenggarakan di Dusun Mancingan, Alun-alun Parangtritis dan Pantai Parangkusumo, Kretek, Selasa (11/6/2024).

Hadir dalam acara tersebut Bupati Kabupaten Bantul H. Abdul Halim Muslih, Dirpolairud Polda DIY Diwakili Kasubagminops Kompol Donny Zulianto Nugroho, S.T., S.H , Kepala Dinas Kebudayaan Kab. Bantul Isnaryanti Nurul Darojah, A. Md, Kepala Dinas Pariwisata Kab. Bantul Heru Prabowo, S. Sos., Forkompinkap Kretek serta Tokoh Masyarakat Setempat dan disaksikan oleh ribuan pengunjung pantai Parangtritis.

Kegiatan ini sebagai sarana melestarikan budaya lokal yang merupakan ikon budaya masyarakat Mancingan. Seluruh elemen masyarakat warga Mancingan ikut ambil bagian dalam tradisi ini.

Disamping untuk nguri-uri kebudayaan Jawa kegiatan ini juga dalam rangka menyongsong abad Samudra Hindia untuk kemakmuran masyarakat Yogyakarta Kirab diawali dari halaman Pendopo Parangtritis di dusun Mancingan XI  menuju Cepuri untuk doa bersama yang dilanjutkan ke Pantai Parangkusumo untuk melabuh gunungan dan sesajen ke laut. Giat selesai dengan aman dan lancar. (Sihumas Polsek Kretek)
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Postingan Populer

Arsip Blog