Kapolres Bantul Hadiri Upacara Penutupan TMMD Sengkuyung Tahap II TA 2024

 

Kapolres Bantul AKBP Michael R Risakotta SH SIK menghadiri upacara penutupan TMMD Sengkuyung Tahap II TA 2024 di Lapangan Mangunan, Dlingo, Bantul, Jumat (7/6/2024).

Bertindak sebagai Irup, Dandim 729/Bantul, Letkol Inf. Muhidin SH MIP.

Kegiatan upacara penutupan TMMD Sengkuyung Tahap ll TA 2024 diawali dengan laporan Perwira Proyek Lettu Inf. Sugeng (Ps. Pasiter Dim 0729/Bantul) dan penyerahan alat peralatan kerja, dilanjutkan penandatanganan naskah berita acara, serta hasil proyek TMMD tersebut.

Dalam sambutannya Dandim 729/Bantul membacakan amanat Pangdam IV/Diponegoro yang menyampaikan bahwa program TMMD yang telah diselenggarakan selama lebih dari delapan dekade ini merupakan salah satu Program Bakti TNI, yang difokuskan untuk membantu Pemerintah Daerah dalam percepatan program pembangunan sarana prasarana dan infrastruktur bagi masyarakat, khususnya yang tinggal di pedesaan dan daerah-daerah terpencil.

“Kami menyadari bahwa TNI, dalam hal ini Kodam IV/Diponegoro tidak dapat bergerak sendiri melaksanakan program ini dan senantiasa membutuhkan dukungan semua pihak. Untuk itu, pada kesempatan yang baik ini, saya mengucapkan terima kasih kepada para Bupati/Wali Kota beserta jajaran Forkopimda, pejabat dinas OPD terkait, anggota TNI-Polri setempat, dan segenap warga masyarakat yang selama kurang lebih satu bulan bersama TNI, dengan penuh semangat dan bahu- membahu untuk menuntaskan program- program TMMD di masing-masing lokasi,” ucapnya.

TMMD Reguler ke-120 tahun 2024 kali ini, lanjut Dandim, mengambil tema Darma Bakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan di Wilayah.

Dikatakan, tema tersebut mengandung makna bahwa TNI bersama dengan Pemerintah Daerah, Polri, dan masyarakat secara bersama-sama mendukung percepatan pembangunan infrastruktur dan fasilitas umum guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat sebagai bentuk pengabdian TNI bersama seluruh unsur di wilayah kepada bangsa dan negara.

Disebutkan, pada program TMMD Tahap II TA 2024 ini, Kodam IV/Diponegoro menggelar TMMD Reguler ke-120 di beberapa Kabupaten yaitu, Kabupaten Wonosobo, Sukoharjo, Banjarnegara, dan Semarang.

“Selain empat kabupaten tersebut, seluruh Kodim di jajaran Kodam IV/Diponegoro juga menyelenggarakan TMMD Sengkuyung sebagai wujud tekad Kodam IV/Diponegoro dalam membantu percepatan pembangunan di daerah secara merata dan menyeluruh,” tuturnya.

Lebih lanjut, pada penyelenggaraan TMMD tahap ini telah berhasil diselesaikan pengerjaan dengan sasaran fisik seperti pembangunan rabat beton, pembangunan jalan, pembangunan jembatan, pembangunan talud jalan, rehab masjid dan pos kamling.

Sementara itu, untuk sasaran non fisik meliputi sosialisasi penegakan Perda, penyuluhan kesehatan dan penurunan stunting, penyuluhan Posyandu dan Posbindu, penyuluhan wawasan kebangsaan, penyuluhan swasembada pangan dan sosialisasi penanggulangan bencana alam.

Disamping itu juga dilaksanakan sasaran yang menjadi program unggulan Kepala Staf Angkatan Darat yang meliputi program pompanisasi, penanaman pohon, pembersihan pasar dan sungai, rehab RTLH, pembuatan sumur bor, pembagian sembako, program ketahanan pangan dan rehab Masjid.

“Pada kesempatan yang baik ini, sekali lagi saya menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang telah bekerja secara maksimal, sehingga sasaran fisik maupun non fisik TMMD dapat diselesaikan dengan baik dan tepat waktu,” ucapnya.

Adapun sasaran program TMMD yang dilaksanakan mulai tanggal 8 Mei hingga 6 Juni 2024 di Mangunan Dlingo ini meliputi sasaran pokok (Fisik) antara lain, membuka akses jalan, pembuatan talud dan rahabilitsi RTLH.

Kemudian sasaran non fisik  yakni penyuluhan wawasan kebangsaan, penyuluhan hukum dan kamtibmas, penyuluhan kesehatan dan penyuluhan pemberdayaan masyarakat.

Setelah kegiatan upacara, Dandim bersama Bupati dan Kapolres Bantul melakukan peninjauan terhadap sasaran pokok TMMD, yakni berupa pembukaan akses jalan. Kemudian dilanjutkan penandatanganan prasasti dan pemotongan pita.

Terkait kegiatan TMMD yang telah dilaksanakan tersebut, Kapolres Bantul mengucapkan terima kasih kepada TNI atas kontribusi dan dedikasinya terhadap masyarakat.

“Terima kasih kami ucapkan kepada Kodim Bantul yang telah membantu masyarakat Mangunan. Sudah banyak pembangunan, baik fisik maupun non fisik yang dapat dirasakan warga," ujarnya.

Ia juga berharap, melalui program TMMD ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat. Selain itu, semangat kerjasama antara TNI, Polri dan Pemerintah Daerah terus berlanjut untuk menciptakan kondisi yang aman dan sejahtera di Kabupaten Bantul. (Humas Polres Bantul)
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Postingan Populer

Arsip Blog