Bhabinkamtibmas Kalurahan Bangunharjo bersama Babinsa Ikut Gropyokan Tikus

 

Bhabinkamtibmas Kalurahan Bangunharjo Aiptu Suhanto SH bersama Babinsa dan petani melaksanakan pemberantasan sarang hama tikus. Kali ini dilakukan di bulak sawah Dusun Ngoto dan Dusun Semail, Bangunharjo, Sewon, Bantul, Selasa (11/6/2024).

Kegiatan gotong royong pemberantasan hama tikus di sawah atau yang akrab dengan sebutan gropyokan ini merupakan kegiatan yang mengacu pada kearifan lokal.

“Gropyokan tikus ini adalah salah satu solusi untuk mengurangi penyebaran tikus yang kerap kali merusak tanaman padi,” kata Bhabinkamtibmas Aiptu Suhanto.

Dalam kegiatan itu para petani beramai-ramai membawa tongkat kayu untuk memukul tikus-tikus yang berhamburan keluar dari lubang tanah, setelah disembur gas dan belerang menggunakan selang kompor.

"Dengan kegiatan gropyokan ini diharapkan benar-benar dapat memberikan manfaat bagi petani, dan mampu mengurangi jumlah populasi tikus-tikus yang ada di area sawah. Sehingga hasil panen sesuai yang diharapkan," ujarnya.

Gropyokan ini, imbuhnya, seyogyanya dapat dilakukan bersama-sama maupun mandiri secara rutin.

Ia juga menyarankan kepada para petani agar membuat rumah burung hantu yang dipasang di area persawahan, karena burung hantu merupakan salah satu musuh alami tikus. (Humas Polsek Sewon Polres Bantul)
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Postingan Populer

Arsip Blog