3.113 Personel Disiapkan Polres Bantul untuk Hadapi Pilkada Serentak 2024

 

Kabupaten Bantul akan menghadapi pesta demokrasi pilkada serentak 2024 pada November mendatang.

Kapolres Bantul, AKBP Michael R Risakotta mengajak tokoh masyarakat, tokoh agama dan seluruh lapisan masyarakat untuk sama-sama menjadi cooling system dalam menghadapi pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

Menurutnya, pilkada serentak 2024 harus menjadi pemilihan umum yang aman, jujur, damai dan kondusif.

Hanya saja, situasi tersebut tak akan bisa terwujud tanpa komitmen seluruh lapisan masyarakat. Mulai dari penyelenggara, peserta pemilu dan tim pemenangannya, Pemerintah dan seluruh masyarakat.

Polres Bantul sendiri menyiagakan 3.113 personel untuk pengamanan tahapan Pilkada dari awal hingga akhir.

"Situasi yang aman, nyaman dan kondusif akan terwujud apabila seluruh masyarakat, peserta dan penyelenggara pemilu sama-sama berkomitmen menjaga situasi kamtibmas agar tetap kondusif," kata Kapolres saat acara Colling System Pilkada Serentak Kabupaten Bantul Tahun 2024 di Gedung Induk Lantai III Komplek Parasamya Bantul, Jumat (19/7/2024).

Kegiatan cooling system dihadiri jajaran Forkopimda Bantul, Panewu dan Lurah se-Kabupaten Bantul.

Michael mengatakan, pada bulan Juni dan Juli, Polres Bantul telah mempersiapkan pasukan pengamanan pilkada serentak dengan menggelar pelatihan pengendalian massa (Dalmas).

"Dan pada tanggal 26 Agustus 2024 Polres Bantul akan melaksanakan gelar pasukan dalam kesiapan anggota kami guna pengamanan Pilkada serentak 2024," ujar Michael.

Michael menyebut, dalam pilkada nanti, ada tiga wilayah di Kabupaten Bantul yang memiliki banyak pemilih, yakni Banguntapan, Kasihan dan Sewon.

"Kondisi ini dapat menimbulkan kerawanan, namun kami berupaya agar pelaksanaan pilkada 2024 dapat berjalan aman dan lancar," jelas dia.

Pihaknya juga akan bekerjasama dengan KPU Kabupaten Bantul agar nanti pada pelaksanaannya dapat berjalan dengan baik, baik dari segi distribusi dan retribusi.

"Saya pun mengimbau para underbow politik bisa tetap menjaga situasi kamtibmas yang kondusif. Pada saat massa tenang kita bersama-sama menjaga situasi benar-benar tenang. Serta kampanye politik melalui media online saya minta untuk tetap menjaga kondusifitas jangan memancing gesekan," imbaunya.

Rencananya, kata Michael, Polres Bantul akan melibatkan sebanyak 3.113 personel dalam pengamanan pilkada serentak 2024 nanti. Pihaknya juga akan bersinergi dengan TNI untuk menjaga situasi pilkada yang aman dan kondusif.

"Di TPS nantinya ada 2 polisi, 2 linmas dan 2 anggota dari TNI," terang Michael.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Postingan Populer

Arsip Blog