Kapolsek Piyungan Pimpin Pengamanan Kirab Budaya Grebeg Ingkung

 

Kapolsek Piyungan AKP Amir Machmud S.I.Kom. pimpin pengamanan kirab Budaya Grebeg Ingkung dan ziarah makam KRT Mangun Negoro yang merupakan Bupati Bantul pertama di komplek Pemakaman Sasono Sentono Padukuhan Pager Gunung, Sitimulyo, Piyungan, Bantul, Rabu (17/7/2024) siang.

Acara tersebut diawali kirab budaya yang dihadiri oleh tokoh-tokoh penting seperti Bupati Bantul H. Abdul Halim Muslim beserta jajaran kepala UPTD, Anggota DPRD Kabupaten Bantul Nur Yuni Astuti, Panewu Piyungan M Baried S.Sos MM, Tokoh Agama Kh. Heri Kiswanto dari Ponpes Lintang Songo, sejumlah lurah dan ratusan warga sekitar.

Dengan mengarak lima gunungan berisi hasil bumi dan ingkung, serta satu pasukan bergodo, rombongan bergerak dari Balai Kalurahan Sitimulyo menuju komplek makam Bupati pertama di Pager Gunung.

Tiba di sana, acara dilanjutkan dengan tarian tradisional "Karu Tangan" dan serangkaian sambutan dari para tokoh yang hadir.

Lurah Sitimulyo dalam sambutannya menggaris bawahi pentingnya melestarikan budaya adiluhung untuk mempererat persatuan dan kesejahteraan masyarakat.

Sementara itu, Bupati Bantul dalam pidatonya menekankan nilai-nilai luhur yang ditinggalkan oleh para leluhur, termasuk peran besar Kanjeng Raden Tumenggung Mangun Negoro dalam pembangunan Kabupaten Bantul.

Acara kemudian dilanjutkan dengan Doa Tahlil yang dipimpin oleh KH. Heri Kiswanto di komplek makam Ki Mangun Negoro Pager Gunung, diikuti dengan tabur bunga dan doa sedekah Gunungan yang dibagikan kepada warga yang hadir. (Humas Polsek Piyungan Polres Bantul)
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Postingan Populer

Arsip Blog