Rayakan 'Agustusan' bersama, Polres Bantul Gelar Bakti Kemerdekaan dengan Warga Pantai Samas

 

Jajaran Kepolisian Resor (Polres) Bantul, DIY menggelar bakti sosial dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia di wilayah pesisir Pantai Samas tepatnya di Kalurahan Srigading, Kapanewon Sanden, Kabupaten Bantul.
 
Kapolres Bantul, AKBP Michael R Risakotta mengatakan, kegiatan bertajuk ‘Bakti Kemerdekaan Bhayangkara Untuk Negeri’ ini , meliputi bakti sosial berupa pembagian paket sembako, bakti kesehatan hingga bakti nada.

“Kami menyebar sebanyak 112 paket sembako untuk warga di pesisir Pantai Samas,” kata Michael, Sabtu (10/8/2024).

Selain memberikan paket sembako, pihaknya juga melakukan bakti kesehatan berupa pemeriksaan kesehatan secara gratis kepada warga.

“Warga sangat antusias dengan pemeriksaan kesehatan gratis ini, karena tercatat ada 143 mengikuti kegiatan tersebut,” terang dia.

Tak hanya itu, petugas Polres Bantul juga melakukan bakti nada berupa hiburan pertunjukan musik.

“Karena ini momennya bulan kemerdekaan, kami juga sisipkan lomba-lomba khas Agustusan yang pesertanya anggota Polri, masyarakat dan kami juga mengajak anak-anak,” paparnya.

Pihaknya juga membagikan mainan gratis kepada anak-anak pesisir Pantai Samas.
 
Michael mengatakan untuk memperingati kemerdekaan Republik Indonesia, pihaknya turun langsung ke wilayah terpencil di pesisir Bantul untuk melaksanakan bakti sosial kemerdekaan. Harapannya, dapat menumbuhkan semangat perjuangan bagi anggotanya, serta dapat mendekatkan Polri dengan masyarakat.
 
“Hal ini merupakan upaya Polri dalam mendekatkan diri kepada masyarakat, kita hadir di tengah-tengah masyarakat, itu adalah salah satu tujuan kami. Dan kami juga ingin anak-anak tidak takut kepada polisi,” ujarnya.
 
Menurutnya, memaknai kemerdekaan adalah dengan menggelorakan semangat nasionalisme pada masyarakat karena nilai-nilai luhur perjuangan dapat diteladani bersama, terutama mewujudkan situasi kamtibmas tetap aman dan damai.

Ia juga mengingatkan segala perjuangan yang dilakukan bersama tujuannya semata untuk Negara Republik Indonesia (NKRI).
 
"Jiwa raga ini untuk NKRI, satu rasa saling memiliki, saling bergandengan tangan berjuang untuk kemajuan," kata Michael.

Ia juga menyampaikan apresiasi kepada masyarakat pesisir Pantai Samas, yang telah berpartisipasi dan memberikan dukungan kepada Polres Bantul atas terselenggaranya kegiatan bakti kemerdekaan.

“Semoga apa yang kami lakukan dapat memberikan manfaat kepada warga masyarakat, khususnya warga pesisir Pantai Samas,” harapnya.
 
Sementara itu, warga antusias menyambut kegiatan bakti kemerdekaan yang diadakan Polres Bantul. Mereka memanfaatkan kesempatan itu datang untuk pengecekan kesehatan gratis lalu mendapatkan paket sembako dan mendapatkan hiburan.

“Kami sangat berterima kasih kepada Polres Bantul karena telah menyelenggarakan bakti kemerdekaan di Pantai Samas, semoga ke depannya kegiatan semacam ini terus dapat dilaksanakan,” ujar Ketua RT 64, Sarijan.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Postingan Populer

Arsip Blog